Home AD

Wednesday, April 03, 2013

KONSEP DASAR PENDIDIKAN KELUARGA SAKINAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’ĀN



Pendidikan di dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak. Oleh karena itu, para orang tua harus betul-betul membina anak-anaknya sehingga menjadi anak yang sholeh yang pada akhirnya terbentuklah keluarga sakinah  yang bisa mengantarkan kepada  terbentuknya baldah thoyyibah (negara yang sejahtera ).Untuk tercapainya tujuan tersebut seharusnya  para orang tua mengetahui dan menggali konsep dasar pendidikan  keluarga sakinah yang bersumber dari Al-Qur’an maupun  Hadis.
Banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang memberikan gambaran tentang pendidikan keluarga sakinah , di antaranya QS. Ar-Rūm (30):21 dan QS. Luqmān (31):12-19. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis ingin mencoba mengetahui  konsep dasar pendidikan keluarga sakinah dalam perspektif Al-Qur’an pada surat tersebut.
Penelitian ini  menggunakan metode tafsir tematik  dan data yang dikehendaki adalah data kualitatif.
Dengan memahami QS. Ar-Rūm (30): 21 , penulis menemukan beberapa konsep dasar pendidikan keluarga sakinah . Pertama , pasangan suami istri hendaklah menciptakan lingkungan keluarga yang tenang  karena hal itu sangat dibutuhkan  su paya si anak betah tinggal di dalam sebuah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga yang tidak tenang yang penuh dengan pertengkaran dan perselisihan akan  berdampak negatif bagi perkembangan jiwa anak . Kedua , orang tua hendaklah menanamkan kasih sayang terhadap anggota keluarganya
Menurut QS. Luqman (31):12-19  bahwa untuk  mencapai tujuan pendidikan dalam keluarga, orangtua seharusnya memiliki ilmu pengetahuan  yang luas serta dibarengi dengan pengamalan terhadap ilmunya sambil memberikan teladan yang baik terhadap  anak-anaknya sebagaimana yang dilakukan oleh Luqmanul Hakim.Orang tua hendaklah menjadi manusia yang bersyukur kepada Allah Swt. dengan menggunakan anugrah yang diterimanya sesuai dengan tujuan penganugrahan dan selalu menasihati anaknya dengan penuh kasih sayang dengan materi nasihat yang baik dan tidak menjemukan    Di antara materi dasar yang sangat perlu disampaikan kepada anak  sebagai dasar pendidikan adalah  materi akidah, ibadah dan akhlakul karimah.
Hasil penelitian ini dapat memberikan nilai sosial terhadap para orang tua  dalam membimbing anak-anaknya supaya menjadi anak-anag  yang soleh yang dapat mengantarkan terbentuknnya keluarga sakinah mawaddah wa rahmah dan baldah thoyyibah. Di samping itu, bagi akademisi yang berminat, tulisan ini bisa jadi salah satu literatur yang dapat membantu terutama bagi pendidikan keluarga.

Follow by Email