Home AD

Thursday, April 14, 2016

MEKANISME PENYERAPAN HARA (ABSORPSI HARA)




Penyerapan hara oleh tanaman pada prinsipnya dapat terjadi melalui semua permukaan/epidermis tanaman yang porus (daun, batang dan akar). Penyerapan gas O2 dan CO2 terutama terjadi lewat stomata (pori-pori) daun. Pada saat hujan, beberapa unsur hara terintersepsi melalui pori-pori daun dan batang. Hal ini yang mendasari adanya praktek penyemprotan hara ke permukaan tanaman (pupuk daun).
Penyerapan hara dari tanah oleh tanaman lewat 2 prinsip, yaitu :
1.   membutuhkan energi metabolik, sehingga jika respirasi terbatas, jumlah hara yang diserap juga terbatas selaras dengan kadarnya dalam larutan tanah, dan
2.   proses yang bersifat selektif , karena tanaman mempunyai kemampuan untuk menyortir unsur unsur yang diserap.
Dalam proses penyerapan ini, proses diffusi dalam larutan hara sampai ke permukaan membran sel-sel akar terjadi secara bolak-balik dan pasif (tanpa keterlibatan tanaman), kemudian translokasi hara melintasi membran terjadi secara aktif (melibatkan energi respirasi) lewat mekanisme carrier yang bersifat selektif.
Selektivitas hara oleh tanaman terkait dengan diperlukannya kendaraan spesifik (specifics carrier) yang dilepaskan tanaman (berupa enzim) untuk membawa masing-masing kation atau anion  atau kelompoknya dari permukaan ke dalam sel-sel akar melalui membran sel.
Mekanisme translokasi ini pada dasarnya sama untuk setiap kation atau untuk setiap anion, perbedaannya disamping memerlukan kendaraan spesifik tersebut juga terletak pada muatan elektrik kendaraan yang berlawanan dengan muatan elektrik ion-ion yang diangkut (teori carrier), misalnya :
1.    Fosfat dan nitrat keduanya anion, tetapi memerlukan kendaraan yang berbeda,
2.    Demikian juga kendaraan ion H2PO4- dan HPO4- padahal sama-sama ion fosfat.
3.    Pada kondisi lain, kendaraan ion K=ion Ca,
4.    Tetapi kendaraan ion Mg juga dapat mengangkut ion Na dan Li.
Hal ini terkait dengan kemampuan enzim dalam mengenal ion yang menjadi pasangannya dan kesamaan ciri-ciri antara ion-ion (misalnya kesamaan dalam berat molekul, bentuk atau radius).

Follow by Email