Home AD

Tuesday, April 12, 2016

PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN WIRAUSAHA

Seperti dikemukakan dalam hasil suvey yang dilakukan Lambing (2000) dalam Suryana ( 2009 : 88), kebanyakan responden menjadi wirausaha karena didasari oleh pengalaman sehingga ia memiliki jiwa dan watak kewirausahaan. Jadi, untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan. Watak dan jiwa kewirausahaan tersebut dipengaruhi oleh keterampilan, kemampuan, atau kompetensi. Kompetensi itu sendiri ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman usaha.
Menurut Dun & Bradstreet Business Credit Service (1993; 1), ada 10 kompetensi yang harus dimiliki seorang wirausaha, yaitu :
1.     Knowing your business, yaitu harus mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, seorang wirausaha harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan.
2. Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasa-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasikan, dan mengendalikan perusahaan, termasuk dalam memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis berarti memehami kiat, cara, proses dan pengelolaan semua sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien
3.     Having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang benar terhadap usaha yang dilakukan. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha, ekskutif yang sungguh-sungguh, dan tidak setengah hati.
4.   Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya berbentuk materi, tetapi juga moril. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha, oleh karena itu harus terdapat kecukupan dalam hal waktu, tenaga, tempat dan mental
5.   Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan mengatur/mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannya secara tepat, serta mengendalikannya secara akurat.
6.    Managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
7.  Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan
8.   Satisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan baraqng dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
9.   Knowing how to compete, yaitu mengetahui strategi/cara bersaing. Wirausaha harus dapat menganalisa SWOT dalam diri dan pesaingnya.
10. Copying with relulations and paperwork, yaitu membuat aturan/pedoman yang jelas (tersurat, tidak tersirat).
Sedangkan menurut Norman M. Scarborough (1993), kompetensi kewirausahaan yang diperlukan sebagai syarat-syarat bisnis meliputi :
1.      Proaktif, yaitu selalu ada inisiatif dan tegas dalam melaksanakan tugas.
2. Berorientasi pada prestasi/kemajuan, cirinya; a) selalu mencari peluang; b) berorientasi pada efisiensi; c) konsentrasi untuk bekerja keras; d) perencanaan yang sistematis; e) selalu memonitor.
Komitmen terhadap perusahaan atau orang lain, cirinya; a) selalu komitmen dalam mengadakan kontrak kerja; b) mengenali pentingnya hubungan bisnis.

Follow by Email