Home AD

Wednesday, July 11, 2012

Melihat Frame dari Ideologi Media (1)


          Cara pandang individu dan/ atau kelembagaan media massa yang memengaruhi kebijakan pemberitaan memunculkan realitas media. Yang harus kita pahami, apa yang ditulis/ disiarkan sebagai realitas media, belum tentu sama dengan realitas di luar media (pemerintah, pelaku bisnis, politisi, atau masyarakat).
          Mengapa? Ideologi media massa tidak mungkin terlepas dari faktor-faktor lain yang mengonstruksi realitas, atau ikut memengaruhi kebijakan pemberitaan, misalnya:
  1. Individu atau kelompok individu pengelola media, misalnya karena faktor-faktor profesionalisme, latar belakang pendidikan, jenis kelamin, usia, agama, dan bahkan afiliasi politik.
  2. Kebijakan masing-masing media. Setiap media memiliki parameter layak muat dan karakteristik berita yang membedakan satu sama lain.
  3. Struktur organisasi media, yakni faktor-faktor internal organisasi media yang non-redaksi yang dalam manajemen bisnis akan saling memengaruhi.
  4. Ekstramedia, yaitu faktor lingkungan di luar media yang ikut memengaruhi kebijakan pemberitaan, misalnya bagaimana kepentingan pemerintah terhadap isu tertentu, pemasang iklan, pelaku bisnis, politisi, juga bagaimana sikap masyarakat.(Amir Machmud NS)

Follow by Email