Cara
pandang individu dan/ atau kelembagaan media massa yang memengaruhi kebijakan
pemberitaan memunculkan
“realitas media”. Yang harus kita pahami, apa
yang ditulis/ disiarkan sebagai
realitas media, belum tentu sama dengan realitas di
luar media (pemerintah, pelaku bisnis, politisi, atau masyarakat).
Mengapa? Ideologi
media massa tidak mungkin
terlepas dari faktor-faktor lain yang mengonstruksi realitas, atau ikut
memengaruhi kebijakan pemberitaan, misalnya:
- Individu atau kelompok individu pengelola media, misalnya karena faktor-faktor profesionalisme, latar belakang pendidikan, jenis kelamin, usia, agama, dan bahkan afiliasi politik.
- Kebijakan masing-masing media. Setiap media memiliki parameter layak muat dan karakteristik berita yang membedakan satu sama lain.
- Struktur organisasi media, yakni faktor-faktor internal organisasi media yang non-redaksi yang dalam manajemen bisnis akan saling memengaruhi.
- Ekstramedia, yaitu faktor lingkungan di luar media yang ikut memengaruhi kebijakan pemberitaan, misalnya bagaimana kepentingan pemerintah terhadap isu tertentu, pemasang iklan, pelaku bisnis, politisi, juga bagaimana sikap masyarakat.(Amir Machmud NS)
No comments:
Post a Comment