Home AD

Wednesday, July 18, 2012

Peran Penting Jurnalisme Dalam Pembangunan Pertanian di Pedesaan


Media adalah alat yang sangat ampuh dalam komunikasi massa, terutama untuk memberikan informasi penting kepada publik. Hal ini memungkinkan kita dapat menilai sesuatu dan menentukan yang benar dari yang salah dan begitu pula sebaliknya. Bahkan memungkinkan kita untuk berhubungan dengan orang lain melalui televisi, produksi video pedesaan, radio, internet, dll, yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil.
Melalui jurnalisme, orang-orang dari semua lapisan masyarakat dapat melihat berbagai karya yang telah dibuat dan sedang berlangsung di seluruh dunia. Namun, jika kita memperluas perspektif kita dan melihat lebih dalam ke kedalaman masyarakat kita, kita mungkin masih merasa ada yang kurang. Karena itu, media memainkan peranan yang sangat penting dalam mengumpulkan potongan-potongan informasi penting dari teka-teki informasi ke setiap orang yang ingin tahu.
Jika kita memikirkan kembali pada peran penting sektor pertanian terhadap pembangunan di Negara kita, yang mana sector pertanian ini merupakan sektor pembangun perekonomian kita. Kemajuan teknologi saat ini hanya tentang menciptakan teknologi high-end, membangun bangunan-bangunan tinggi, pemilihan pemimpin (sering tidak ada banyak pilihan), atau menemukan sesuatu. Sedangkan Informasi dan Pembangunan sektor Pertanian sering sekali kita diabaikan, padahal bila kita tilik ke belakang bahwa kemajuan selalu dimulai dari pengembangan bidang pertanian yang akhirnya akan meningkatkan perbaikan ekonomi suatu negara. Meskipun informasi mengenai bidang pertanian masih tertinggal karena undervalued oleh pemerintah, menginformasikan kepada masyarakat dalam bidang pertanian  merupakan jalan penting untuk berkomunikasi kepada masyarkat tentang pentingnya pertanian, peternakan, dan ekonomi pangan lainnya yang menghasilkan - sebagai faktor kunci meningkatkan peradaban manusia dan kemajuan.
Jadi jurnalisme memiliki peranan yang sangat penting dalam menginformasikan tentang peran penting pembangunan pertanian. dan tugasnya tidak terbatas pada memberikan informasi tentang sektor pertanian dan menghubungkan dengan masyarakat, tetapi membawa informasi yang relevan untuk membuat orang 'berpikir' dan membantu membentuk dunia dengan menyampaikan pesan penting tentang tanggung jawab dan kesadaran sosial menuju masyarakat yang lebih baik juga.

 
Jurnalis dalam bidang pertanian bertanggung jawab untuk:
  • Mengirimkan kekhawatiran para petani dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat secara keseluruhan. 
  • Inspiring publik melalui bercerita yang baik dari praktek pertanian. 
  • Terlibat dengan masyarakat untuk memahami bahwa betapa pentingnya produksi pangan sebagai bagian integral dari peningkatan pasokan berkelanjutan barang dan bahan baku untuk ekonomi industri saat ini. 
  • Meneliti dan menerjemahkan data dan informasi berharga dari situasi saat ini dari sektor Pertanian di pedesaan untuk publik.
Media kadang-kadang disebut 'katalis perubahan. Praktisi yang cukup dalam posisi yang unik sebagai penyalur aspirasi dan suara petani, dan pembuat kebijakan. Mereka juga menciptakan peluang bagi petani untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang menayangkan keprihatinan mereka. Dengan demikian, pengetahuan yang berharga juga diedarkan untuk konsumsi masyarakat pada umumnya. Pada akhirnya, itu akan menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat tentang peran jurnalisme dalam pembangunan sektor pertanian.

Follow by Email