Mengelola
isu di media dilakukan dengan memerhatikan sejumlah jurus atau langkah, sebagai
berikut:
- Membaca realitas publik: topik apa yang sedang menjadi bahan diskusi publik? Topik itu boleh sangat menonjol, menonjol, atau tidak terlalu menonjol.
- Memastikan realitas media: bagaimana positioning visi media terhadap topik tersebut? Penting, cukup penting, atau tidak pentingkah menurut kebijakan redaksional media kita?
- Kebijakan pemberitaan: bagaimana proporsi topik tersebut, kita jadikan sebagai jadi isu utama pemberitaan, isu kedua, atau prioritas kesekian?
- Manajemen redaksional: apa saja yang harus kita siapkan untuk mengelola topik tersebut? Rancangan konsep, membentuk tim, merumuskan arah, menghitung biaya, dan sebagainya.
- Menentukan arah liputan: merancang outline, memilih narasumber, hingga detail pembagian materi tulisan.(Amir Machmud NS)
No comments:
Post a Comment