Home AD

Saturday, February 16, 2013

Status Bahan Organik



Bahan organik tanah berkolerasi positif dengan efisiensi penggunaan pupuk dan merupakan sumber semua unsur hara penting bagi tanaman, dapat meningkatkan nilai kapasitas tukar kation tanah karena zarah organik bermuatan negatif dan mempunyai luas permukaan sangat besar, sehingga akan mengurangi pencucian hara. Disamping itu bahan organik tanah, dapat mempertinggi kapasitas memegang air sehingga mampu menahan kelembaban lebih tinggi. Dengan demikian unsur-unsur hara akan lebih tersedia untuk penggunaan yang lebih lama. Jadi peranan bahan organik sebagai penyangga (buffer)  terhadap pupuk dan unsur-unsur racun menjadi sangat penting.
Ketersediaan fosfat (P) sebagai hasil dari pertukaran ion P dari Fe dan Al fosfat dengan asam humate dan fulvate yang membentuk chelate dengan Fe dan Al akan makin tinggi dengan makin tingginya bahan organik tanah. Keadaan tersebut akan mereduksi/mengurangi fiksasi fosfat., mengurangi Mn menjadi bentuk Mn yang tersedia. Dengan adanya bahan organik yang cukup, daya fiksasi tanah Andisol terhadap P dapat diperkecil, sehingga produksi pucuk diharapkan naik. Bahan organik tanah merupakan suatu indeks ketersediaan N setelah mineralisasi karena juga merupakan sumber amonium (NH4+) dan nitrat (NO3-) sebagai nutrisi tanaman. Dengan demikian tingkat ketersediaan bahan  organik tanah membantu mengatur ketersediaan pupuk N, dan membantu meningkatkan efisiensi dari penggunaan pupuk N. Standar baku nilai kandungan bahan organik di dataran tinggi harus lebih tinggi daripada dataran rendah, karena adanya proses dekomposisi bahan organik di dataran rendah lebih cepat daripada di dataran tinggi. Hal ini disebabkan dekomposisi bahan mentah lebih mudah pada suhu yang lebih tinggi dan suhu rata-rata dataran rendah umumnya lebih tinggi daripada dataran tinggi.
Pada tanah Andisol umumnya berkadar bahan organik tinggi, tetapi karena letak penyebarannya dan adanya senyawa kompleks antara lempung alofan dan bahan organik (organo metallic complexes) yang tahan terhadap penguraian jasad renik, maka bahan organik akan cenderung tertimbun daripada terurai.

Follow by Email