Home AD

Wednesday, March 21, 2012

AWAN


                Awan merupakan kumpulan dari titik air dengan diameter 50-100 mikron atau kristal-kristal es yang melayang-layang di atmosfir. Peristiwa kondensasi uap air mengakibatkan terbentuknya awan.
Klasifikasi awan.
                Dipandang dari permukaan bumi, awan dibagi-bagi menjadi beberapa golongan berdasarkan bentuk dan ketinggian. Berdasarkan bentuknya awan dibagi menjadi 3 golongan, yaitu :
1.       Awan Cirrus :  Awan halus, struktur berserat seperti bulu burung, sering tersusun seperti pita melengkung.
2.       Awan Stratus :  Awan berlapis.
3.       Awan Cumulus :  Awan dengan bentuk seperti tumpukan atau gumpalan.
Ketiga bentuk-bentuk dasar ini dapat muncul secara bersama-sama dan dalam beberapa bentuk kombinasi.
                Berdasarkan ketinggian dari permukaan tanah, bentuk-bentuk dasar, namun seringkali bentuk-bentuk kombinasinya, bentuk-bentuk awan dibagi menjadi 10 tipe utama, yaitu seperti tertera pada Tabel di bawah ini.

Tipe Utama Awan
Beberapa sifat yang terdapat pada jenis-jenis awan tersebut di atas adalah :
·         Cirrostratus (Cs)  :  Seperti kelambu putih, halus, menutupi seluruh angkasa, dapat menimbulkan lingkaran (kalangan) pada matahari atau bulan.
·         Cirrocumulus (Cc)  :  Bentuknya seperti gerombolan domba menyebabkan ada sedikit bayangan atau tidak sama sekali.
·         Altostratus (As)  :  Berbentuk seperti selendang tebal, bagian yang menghadap bulan atau matahari lebih terang.
·         Altocumulus (Ac)  :  Seperti bola-bola tebal putih atau pucat. Bergerombolan atau berlarikan, kelihatan seperti bergandengan. Umumnya bola-bola ditengah gerombolan lebih besar.
·         Stratocumulus (Sc)  :  Bentuknya seperti gelombang yang menutup seluruh angkasa. Langit yang berwarna biru masih tampak diantara awan ini.
·         Nimbostratus (Ns)  :  Suatu lapisan awan tebal, bentuk tidak teratur, menimbulkan banyak hujan.
Cumulonimbus (Cb)  :  Awan dengan volume sangat besar, seperti menara, gunung dengan pundak melebar. Awan ini dapat menimbulkan hujan lebat dengan kilat dan guntur.

Follow by Email