Home AD

Wednesday, March 21, 2012

KLIMOGRAM


                Klimogram adalah suatu grafik atau gambar tentang iklim suatu tempat. Cara ini adalah suatu cara yang sederhana dan mudah untuk melihat dan membaca iklim suatu tempat. Dengan begitu dapatlah dibandingkan perbedaan dan kesamaan antara iklim suatu tempat dengan iklim tempt lainnya.
                Cara penggambarannya yaitu dengan menuangkan (plotting) satu atau dua unsur iklim pada suatu sistem salib sumbu.
·         Satu  unsur iklim
Unsur iklim tunggal dapat berupa curah hujan, suhu, RH, dll. Dapat digambarkan dalam bentuk grafik bisa atau histogram.

·         Dua unsur iklim
Unsur iklim yang paling banyak untuk menggambarkan klimogram suatu tempat adalah suhu dan presipitasi. Unsur-unsur iklim ini merupakan unsur yang sangat besar peranannya bagi tumbuhan.
Caranya :
1.       Ambil harga normal dari suhu dan presipitasi (rata-rata 30 tahun).
2.       Masing-masing suhu dan presipitasi digambarkan pada sistem salib sumbu pada bulan yang sama.
3.       Titik-titik pertemuan itu menghubungkan dari bulan Januari sampai Desember secara berurutan.
Dari klimogram di atas terlihat bahwa fluktuasi suhu dalam setahun kecil, tetapi variasi hujannya besar. Perbedaan antara bulan terkering dan bulan terbasah sangat besar. Bentuk klimogramnya kira-kira lonjong dan horisontal (sumbu X sebagai presipitasi dan sumbu Y sebagai suhu). Bentuk seperti ini umumnya terdapat di daerah tropis. Di daerah beriklim sedang (temperate) bentuk klimogram umumnya lonjong dan vertikal.
                Dalam bidang pertanian, kehutanan dan peternakan penggunaan klimogram ini umumnya ditujukan untuk memindahkan tanaman ataupun hewan ternak. Dengan menggambarkan klimogram kedua tempat, dapat diketahui kesamaan dan kelainan iklimnya, yaitu setelah kedua klimogtam tindihkan satu sama lain.
                Perpindahan suatu organisme dari suatu tempat ke tempat lain yang agak berbeda iklimnya akan mengalami proses aklimatisasi, yaitu penyesuaian organisme itu terhadap iklim di tempat baru. Tidak ada perubahan organ atau bagian dari organisme tersebut dalam aklimatisasi. Akan tetapi adaptasi biasanya ada sedikit perubahan pada organ atau bagian organ.

Follow by Email